Konsisten Jalankan Bisnis Berkelanjutan SSMS Meraih PROPER Biru ke-4 Kali

 

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) kembali menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Melalui 3 (tiga) unit bisnisnya yaitu PT Sawit Sumbermas Sarana (SSS), PT Kalimantan Sawit Abadi (KSA), dan PT. Mitra Mendawai Sejati (MMS), SSMS menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) tingkat Nasional tahun 2019-2020 dengan Predikat Biru.

 

CEO SSMS Vallauthan Subraminam mengaku bangga atas penghargaan PROPER tersebut. Menurutnya, penghargaan ini sejalan dengan komitmen keberlanjutan SSMS, dimana dalam menjalankan bisnisnya menerapkan prinsip tanggung jawab sosial bagi masyarakat dan lingkungan.

 

“Ini merupakan ke-4 kalinya SSMS menerima PROPER Biru. Ini menujukkan komitmen SSMS sebagai perusahaan perkebunan berkelas dunia, konsisten dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan dan inisiatif dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar”, ujarnya.

 

Pencapaian PROPER Biru ini merupakan keunggulan, sekaligus memberikan nilai tambah terhadap komitmen kelestarian lingkungan. Pencapaian tersebut juga menunjukkan dukungan Perusahaan terhadap beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan global (Sustainable Development Goals/SDGs).

 

PROPER merupakan sebuah program penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan terhadap perusahaan yang telah terbukti memenuhi kriteria: dokumen lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara dan pengendalian limbah B3. Dengan mendapatkan PROPER Biru ini, SSMS telah memenuhi semua kriteria tersebut.

 

Salah satu Inisiatif SSMS dalam pengelolaan lingkungan, dengan diwujudkannya pembangunan pabrik biogas. Biogas adalah salah satu teknologi yang umum digunakan untuk mengolah POME dan mengonversinya menjadi energi listrik. Pabrik biogas SSMS mampu mengubah limbah-limbah produksi kelapa sawit menjadi energi listrik yang kemudian dipasok untuk memenuhi kebutuhan listrik operasional Perusahaan dan sebagian disalurkan ke pemukiman sekitar.

 

Vallauthan menambahkan, SSMS akan terus berupaya untuk menjaga dan mempertahankan predikat yang sudah dicapai, terutama dibidang keberlanjutan.