SSMS Dorong Terbentuknya MPA Desa Sekitar Perusahaan

 

 

Untuk mendorong terbentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa-desa sekitar perusahaan, SSMS siap memberikan pembinaan dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Pada bulan September 2021, SSMS telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan 4 (empat) desa diantaranya Desa Natai Baru, Desa Kondang, Desa Rangda, dan Desa Umpang.

 

Dalam perjanjian kerjasama ini, SSMS tidak hanya melakukan pembinaan saja. Namun juga memberikan bantuan pelatihan penaganan Karhutla, pembuatan peta rawan kebakaran desa sebagai sarana peringatan dini, tata cara melakukan groundcheck dan monitoring serta bantuan peralatan.

 

Kepala Desa Umpang, Jamli merespon positif kerjasama antara perusahaan dan pihak Desa Umpang. “MPA terkendala sumber daya manusia (SDM) dan peralatan yang masih terbatas. Jadi adanya kerjasama ini sangat membantu karena pihak perusahaan bersedia membina dan memberikan pelatihan teknis dalam penangan saat terjadi Karhutla di Desa”.

 

Sementara itu, Head of Sustainability, Henky Satrio W. menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan wujud implementasi dari komitmen keberlanjutan perusahaan dalam mengelola resiko kebakaran. “SSMS tidak hanya berkomitmen untuk melakukan pengendalian dan pencegahan Karhutla untuk wilayah konsesi Perusahaan namun juga berlaku untuk desa-desa yang berada di sekitar perusahaan”.

 

Meskipun masih belum terdeteksi kebakaran karena turunnya hujan dan cuaca panas yang tidak terlalu panjang. Namun demikian, ia juga menjelaskan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan melakukan patroli harian, guna memantau titik api di sekitar wilayah dan desa-desa sekitar perusahaan. Lebih lanjut Henky menyampaikan pencegahan ataupun penanganan Karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial oleh masing-masing pihak, perlu adanya kerja sama yang baik antara pihak. "Oleh karena itu, untuk mendukung dan membantu terbentuknya sumberdaya manusia (SDM), khusunya bagi desa - desa yang belum membentuk MPA, SSMS siap memberikan pembinaan bagi desa tersebut," ungkapnya.