SSMS Group Pertahankan Sertifkat ISO Series

 

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) kembali mempertahankan sertifikat International Organization for Standardization (ISO) series untuk yang ke-4 (empat) kalinya.


Proses audit eksternal ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 September – 09 Oktober 2020 oleh badan sertifikasi independen yakni BSI Indonesia.


Perolehan Sertifikasi ISO Series tersebut meliputi:

 

1. ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Tujuan sertifikasi ini adalah untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkkan suatu perusahaan memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia.

 

2. ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan, adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

 

3. ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Standar internasional ini bertujuan untuk mengelola, mencegahan kecelakaan di tempat kerja, kesehatan buruk, dan bahkan kematian. Selain itu, ISO 45001 juga untuk membangun lingkungan kerja yang aman dan meningkatan kinerja kesehatan dan keselamatan kerja secara berkesinambungan.

 

Sertifikasi ISO Series ini diberikan kepada seluruh unit bisnis SSMS pada tanggal 19 Oktober 2020 dan akan berlaku hingga tahun 2023 mendatang. Dari hasil audit eksternal ini, terbukti bahwa SSMS berkomitmen secara kontinu untuk mengimplementasi standar ISO series di setiap unit kerja dengan tidak ditemukannya ketidaksesuaian kategori Major.
Dengan SSMS telah berhasil lulus audit dan mendapatkan sertifikasi ISO series ini, artinya perusahaan telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan dan diakui secara internasional.


Direktur Utama SSMS Vallautahan Subraminam menyampaikan bahwa pencapaian ini adalah bentuk komitemen Perseroan untuk meningkatkan mutu produksi CPO maupun produk turunannya sehingga memiliki daya saing tinggi di pasar ekspor dengan tidak melupakan komitmen terhadap Lingkungan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Selain itu, hal ini sebagai upaya Perseroan untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan yang berkelanjutan dengan tetap memegang teguh nilai-nilai perusahaan yaitu peduli pada 3P (People, Planet, Profit) demi mewujudkan kesejahteraan bersama.