Procedure for Stakeholder Grievance and Complaints Handling Mechanism

 

Prosedur Mekanisme Pengaduan dan Keluhan Pemangku Kepentingan


PT Sawit Sumbermas Sarana, Tbk. (“SSMS”) menyadari bahwa pengembangan berkelanjutan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari viabilitas jangka panjang dan keberhasilan usahanya. Sebagai bagian utama dari komitmen SSMS dalam menjalankan bisnis secara bertanggungjawab, maka pada bulan September 2017, SSMS telah menetapkan Kebijakan Keberlanjutan (“Kebijakan”) dalam rangka memenuhi permintaan pasar akan produk pertanian yang diproduksi secara terlacak dan bertanggungjawab yang kian meningkat.

SSMS meyakini bahwa pemangku kepentingan memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan Kebijakan ini dan kebijakan lain yang terkait. Kebijakan ini meliputi komitmen untuk menetapkan Prosedur Keluhan (Grievance Procedure) agar semua pemangku kepentingan dapat menyampaikan keluhan terhadap siapapun.

Prosedur ini mencakup kegiatan yang berhubungan dengan penanganan keluhan pemangku kepentingan mengenai kegiatan operasional bisnis dan pelaksanaan kebijakan SSMS. Hal ini termasuk mencatat keluhan, mengambil langkah-langkah verifikasi klaim, memperbaiki permasalahan yang sudah terverifikasi dalam jangka waktu yang sesuai, melaporkan hasil verifikasi secara transparan dan tindakan perbaikan di lapangan, menyampaikan tanggapan kepada pemangku kepentingan sekaligus mengelola, memantau, dan memetik pelajaran dari setiap aksi tindak lanjut.

Informasi tentang prosedur dan mekanisme pengaduan keluhan dan proses penanganannya dapat diakses atau dijangkau oleh seluruh lapisan dan ketegori kelompok masyarakat. (Link Prosedur)


Keluhan dapat disampaikan melalui salah satu saluran berikut:

Melalui email ke

pengaduan@ssms.co.id
(Link form pengaduan & keluhan)

Melalui pesan via SMS atau WhatsApp
+62 812 5123 3831
Format [NAMA_E-MAIL_ASAL KOMUNITAS_LOKASI PROYEK HIBAH_ISI KELUHAN]
Hotline ini tersedia selama jam operasional kerja (08.00 – 17.00 WIB)

Secara tertulis kepada

PT Sawit Sumbermas Sarana, Tbk.
Jl. H. Udan Said No. 47
Pangkalan Bun 74113
Kalimantan Tengah, Indonesia
Perhatian: Divisi Keberlanjutan (Koordinator Pengaduan)